PENTINGNYA BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA DI MASA PERKULIAHAN



Dunia semakin berkembang, teknologi juga kian hari semakin canggih dan kita dituntun untuk selalu dapat menyesuaikan diri kita dengan perubahan yang terjadi di zaman ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini juga membuat kehidupan kita semakin mudah dan instan, sebagai contoh misalnya kita ingin membeli barang dari salah satu toko di luar negeri, kita tidak perlu susah-susah untuk pergi kesana dan membelinya, cukup dengan berbelanja online dari toko tersebut kita sudah dapat membeli barang tersebut. Dalam hal membeli makanan juga, sekarang kita tidak perlu lagi datang ke gerai makanan yang kita mau untuk membeli makanan, cukup dengan membelinya melalui online saja maka makanan tersebut pun dapat kita beli, dan banyak hal lainnya dalam kehidupan kita yang semakin mudah dikarenakan kemajuan teknologi ini.

Tetapi tidak bisa kita pungkiri, bahwa di era distribusi ini ternyata masih banyak masyarakat Indonesia khususnya kalangan pelajar belum dapat menggunakan teknologi dengan begitu fasih, padahal dengan mahirnya mereka dalam menggunakan teknologi dapat meningkatkan nilai sumber daya manusia mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk kita di era yang ini harus dapat menguasai teknologi dengan baik, karena dengan kita mampu menguasai teknologi pati akan membawa dampak positif yang besar bagi kehidupan kita, sebagai contoh kita akan sangat mudah dan cepat dalam mengakses informasi dari seluruh dunia, komunikasi juga menjadi lebih mudah dan cepat, dan juga dengan teknologi ini kita dapat berwirausaha online.


Khususnya bagi para mahasiswa disamping belajar mereka juga dapat membuka usaha secara online karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan mahasiswa berwirausaha mereka mungkin akan mendapatkan penghasilan sendiri yang dimana itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, menciptkan lapangan kerja baru apabila usaha yang mereka buat berkembang dan maju, serta dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa itu sendiri. Banyak usaha yang dapat dibuat mahasiswa sekarang ini, misalnya dengan berjualan barang online, menjual hasil buatan mereka seperti makanan, aksesorisn dan lainnya. Kegiatan ini tidak akan menggangu perkuliahan mahasiswa selagi mereka dapat membagi waktu antara mengurus bisnis dengan perkulihan mereka.

Karena gelar sarjana tidak akan menjanjikan seorang mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaaan di kemudian hari. Kita liat saja, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2019, jumlah pengangguran lulusan universitas mencapai 5,67 persen dari total angkatan kerja sekitar 13 juta orang. Meski persentasenya turun dibandingkan Agustus 2018 yang 5,89 persen, angkanya di atas rata-rata pengangguran nasional yang sebesar 5,28 persen. Maka dari itu ,mulai saat dari saat ini dimulai dari dunia perkuliahan mahasiswa sebisa mungkin harus dapat memanfaatkan teknologi ini dengan sangat baik dan bijak untuk membuka usaha online mereka.

(dilansir dari: campuspedia.id)